Delapan Cara Mengobati Sakit Gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi
Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang selain sangat menyakitkan tapi juga menganggu. Saat sakit gigi, tidak hanya untuk makan, berbicara juga kadang sulit karena harus menahan rasa sakit. Sakit gigi sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal antara lain seperti karies gigi, gigi berlubang dan penyakit rahang lainnya.

Anda harus segera mengatasi sakit gigi, karena walaupun letaknya jauh dari jatung tapi sakit gigi bisa menjadi salah satu penyebab penyakit jantung dan serta stroke. Berikut ini beberapa cara untuk mengobati sakit gigi :

  1. Menggunakan antiseptik secara teratur dan menyikat gigi sehari dua kali. Cara ini bisa menghalangi kuman yang menyebabkan gigi sakit mati. Selain itu dengan rajin menggunakan antiseptik dan sikat gigi, gigi akan lebih sehat dan bebas dari kuman. Beberapa ahli bahkan menyarankan sikat gigi sebelum tidur.
  2. Mengoleskan bawang putih dan garam. Hancurkan satu siung bawang putih dan sedikit garam batu. Taruh di tempat gigi yang sakit. Bawang putih mengandung Allicin, senyawa antibakteri yang sangat kuat. Dengan bawang putih bakteri jahat penyebab sakit gigi akan mati dan gigi anda bisa lebih cepat sembuh.
  3. Mengunyah satu siung bawang putih setiap pagi. Seperti yang telah dijelaskan di cara no 2, bawang putih memiliki kandungan anti bakteri yang sangat kuat, tapi tentunya cara itu tidak akan berhasil jika dilakukan sekali. Karena itu mengunyah satu siung bawang putih setiap hari sebelum sikat gigi adalah salah satu cara mengobati sakit gigi yang baik, saat anda tidak sempat ke dokter.
  4. Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. Obat-obatan ini selain bisa mengobati sakit gigi anda, juga bisa meredam nyeri yang disebabkan sakit gigi yang anda alami.
  5. Menggosokan minyak cengkeh. Tidak hanya sebagai bahan masakan dan campuran rokok, cengkeh ternyata bisa berguna untuk mengobati sakit gigi. Walaupun hasilnya tidak terlalu kentara dibandingkan dengan bawang, minyak cengkeh bisa sangat berguna mengurangi rasa sakit pada gigi yang sakit.
  6. Mengikat gigi dengan kain kasa. Seperti pada luka kain kasa bisa menyaring udara atau kotoran yang masuk ke mulut. Dengan mencegah kotoran masuk ke gigi yang sakit, sakit gigi anda akan lebih cepat sembuh.
  7. Menggunakan campuran Asaofoetida dengan jus lemon. Asafoetida merupakan salah satu bahan obat-obatan yang sudah digunakan sejak jaman dahulu di dunia kedokteran. Mencampur bubuk Asafoetida dengan jus lemon dan kemudian mengoleskannya ke gigi yang sakit adalah salah satu cara mengobati sakit gigi yang bisa anda coba saat sakit gigi menyerang. 
  8. Pergi ke dokter gigi. Saat sakit gigi sudah sangat memburuk, segeralah pergi ke dokter gigi. Di dokter gigi, selain mendapatkan obat-obatan yang sesuai, dokter pasti akan memberitahu anda apa penyebab sakit gigi anda dan apa yang harus dilakukan untuk menghindari sakit gigi seperti yang anda alami. Resiko terburuk yang ada saat anda pergi ke dokter gigi, adalah dokter harus mencabut gigi anda yang sakit. Walaupun sudah menggunakan obat bius, prosesnya pastinya tetap akan terasa sangat sakit. Meskipun demikian, cara ini biasanya merupakan cara mengobati sakit gigi yang paling ampuh.



Sumber :
http://www.dentalheroes.com/10-tips-treating-toothache-pain/ 
http://www.ehow.com/how_2363587_cure-toothache-.html