Cara Mengatasi Mulut Kering


Mengatasi Mulut Kering

Cara Mengatasi Mulut Kering - Salah satu masalah pada rongga mulut yang cukup sering dialami adalah mulut kering. Ketika mengalami mulut kering, rasanya di dalam ronggal mulut kita dipenuhi dengan pasir yang membuat perasaan tidak nyaman. Sebenarnya mulut kering bukanlah penyakit berbahaya dan bisa dialami oleh siapa saja. Meskipun tidak berbahaya, mulut kering merupakan salah satu penyebab utama munculnya bau mulut tidak sedap.

Gejala Mulut Kering

Jika Anda masih bingung tentang apa itu mulut kering dan gejalanya, berikut ini beberapa hal yang sering dialami ketika mulut sedang kering :
  1. Perasaan kering dan lengket pada rongga mulut terutama lidah
  2. Sering merasa haus dan tenggorokan seperti selalu kering
  3. Lidah berwarna merah tua dan seperti ada sedikit kesemutan atau seperti mulut penuh pasir
  4. Suara serak dan bau mulut kurang sedap
  5. Kesulitan ketika mengunyah atau tenggorokan terasa sakit ketika akan menelan makanan

Nah, jika Anda sering mengalami mulut kering, berikut ini beberapa tips untuk mengatasinya :

  1. Gosok gigi Anda secara teratur setidaknya 2 kali sehari. Gigi dan gusi yang sehat mampu menjaga keseimbangan produksi air liur sehingga menghindarkan dari keringnya rongga mulut. Jika Anda memiliki pasta gigi yang mampu mencegah mulut kering, Anda juga dapat menggunakannya untuk hasil yang lebih maksimal.
  2. Perbanyak minum air putih dalam sehari. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 6-8 gelas air putih dalam sehari untuk menjaga kesehatan agar tetap prima. Ketika mulut kering, air putih berfungsi sebagai pelembab dan juga mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi di rongga mulut.
  3. Kunjungi dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun. Mulut kering dapat menyebabkan penyakit gusi dan penyakit lainnya yang mungkin harus ditanggapi secara serius. Seorang dokter gigi dapat merekomendasikan perawatan rutin yang ideal atau pengobatan yang diperlukan untuk menjaga mulut Anda agar tetap lembab dan sehat.
  4. Coba kunyah permen karet. Meskipun harganya murah meriah, permen karet terbukti cukup efektif untuk mengatasi mulut kering. Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur sehingga mampu melembabkan mulut yang terasa kering.
Nah, tidak terlalu sulit bukan untuk mengatasi mulut kering? Hal yang paling utama untuk mencegah dan mengatasi mulut kering adalah dengan membersihkan rongga mulut secara teratur.


Referensi : Ehow.com