Memilih Obat Kumur Tanpa Alkohol

Obat Kumur Tanpa Alkohol
Dewasa ini, menyikat gigi dua kali sehari tak lagi dirasa cukup untuk menjaga kesehatan kulit. Terlebih para dokter menganjurkan pasian untuk membarengi pasta gigi dengan obat kumur agar kesehatan mulut dan gusi lebih optimal. Saat ini, ada banyak produk obat kumur yang bertebaran di pasaran. Kejelian konsumen mutlak diperlukan sebab ada sebagian obat kumur ini yang mengandung bahan seperti alkohol. Untuk masyarakat beragama islam, tentu hal ini merupakan problem tersendiri. Tetapi jangan kuatir sebab di pasaran juga banyak obat kumur tanpa alkohol yang dijual secara bebas.

Bahaya Obat Kumur Dengan Alkohol

Selain tidak halal untuk umat islam, obat kumur yang mengandung alkohol juga ternyata memiliki efek merugikan bagi kesehatan mulut. Oleh sebab itu akan lebih bijak jika Anda memilih obat kumur tanpa alkohol. Menurut salah seorang dokter, kandungan alkohol dalam obat kumur akan menghentikan sementara produksi air liur. Padahal fungsi air liur sangat penting karena merupakan self protector di dalam rongga mulut sehingga serangan bakteri bisa direduksi. Jika air liur berkurang maka potensi serangan bakteri akan lebih besar.


Selain mengurangi air liur, obat kumur yang mengandung alkohol juga bisa menyebabkan peradangan pada gusi di dalam mulut, menimbulkan bercak merah dan bertanggungjawab atas meningkatnya pelepasan sel dinding mulut bahkan dalam kondisi tertentu bisa memicu kangker mulut! Karena itu jelilah memilih produk obat kumur yang hendak Anda dan keluarga gunakan. Sebab di pasaran, ada beberapa merek tertentu yang bahkan mengandung 26%  alkohol!

Memilih Obat Kumur Berbahan Herbal

Fungsi utama alkohol dalam obat kumur sesungguhnya hanya untuk mengikat zat aktif. Jadi, sebuah pilihan yang bijak untuk menggunakan obat kumur tanpa alkohol. Di pasaran, sudah ada banyak produk obat kumur yang menggunakan bahan alami yang dikenal ampuh seperti cengkeh dan juga daun sirih. Dan yang pasti produk-produk ini tidak memiliki kandungan alkohol.  Jika Anda menyukai unsur yang alami. Jauh lebih baik lagi jika Anda menggunakan air rebusan cengkeh dan daun sirih hasil buatan Anda sendiri. Selain murah, aman dan tentunya berkhasiat.

Setelah mendapatkan obat kumur tanpa alkohol, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa rambu-rambu dalam memakai obat kumur. Pertama, jangan menggunakan obat kumur setiap hari sebab akan mengganggu warna alami gigi Anda. Ada baiknya Anda dan keluarga menggunakannya jika diperlukan, misalnya saat Anda merasa nafas Anda tidak segar, saat terkena infeksi rongga mulut tau sariawan, dan setelah proses pencabutan gigi. Aturan kedua, jangan menggunakan produk obat kumur yang sama seterusnya sebab bakteri justru akan kebal. Rutinlah mengganti obat kumur tanpa alkohol Anda agar bakteri bisa ditangani lebih optimal.