Cara Membersihkan Lidah dan Mencegah Bau Mulut

cara membersihkan lidah
Salah satu penyebab umum halitosis atau bau mulut kronis, adalah pertumbuhan bakteri pada lidah. Kebanyakan orang biasa menyikat gigi mereka dan berkumur dengan obat kumur untuk menghilangkan bau mulut, tetapi mereka lupa untuk membersihkan lidah sebagai bagian dari program kebersihan gigi harian mereka. Jika Anda salah satunya, tidak ada salahnya untuk mencoba membersihkan lidah.

Berikut ini langkah-langkah sederhaya yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan lidah :


  1. Bilas mulut Anda dengan obat kumur terlebih dahulu untuk membunuh kuman yang berkembang biak di dalam mulut. Berkumurlah sekitar 1-2 menit agar lebih efektif. Upayakan agar ketika berkumur bagian di bawah lidah dan pangkal lidah terjangkau. Kedua bagian tersebut merupakan sarang kuman yang menyebabkan bau mulut.
  2. Gunakan sepotong benang untuk mengikis kotoran pada lidah Anda setelah menggunakan obat kumur. Mulailah dari bagian belakang lidah dan tarik ke depan dengan benang sampai mencapai ujung lidah. Lakukan kira-kira dua sampai empat kali agar lebih efektif.
  3. Ambil sikat gigi Anda, oleskan sedikit pasta gigi dan gosok lidah anda dengan gerakan melingkar. Gosok hingga bagian pangkal lidah namun upayakan jangan sampai tersedak. Anda dapat meludahkan pasta gigi apabila sudah terlalu banyak busanya.
  4. Bersihkan kembali lidah Anda dengan tongue scraper (pembersih lidah). Alat ini berbentuk seperti kail yang digunakan untuk menarik kuman dari lidah. Jangan menarik terlalu keras karena hal ini akan membuat lidah Anda sakit. Alat ini banyak dijual di minimarket atau apotik.
  5. Setelah selesai, bilas mulut Anda dengan obat kumur untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang mungkin masih tertinggal. Jangan lupa membersihkan peralatan yang Anda pakai dengan air bersih, keringkan kemudian simpan di tempat kering.
Bagaimana, mudah bukan cara membersihkan lidah? Anda dapat melakukannya secara rutin untuk mencegah bau mulut tidak sedap. Selamat mencoba!