Sumber Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

penyebab bau mulut tak sedap
Masalah bau mulut memang merupakan salah satu penyebab hilangnya kepercayaan diri. Memang menggosok gigi dengan pasta gigi dan obat kumur mungkin memecahkan bau mulut untuk sementara, tapi menemukan sumber yang menyebabkan bau mulut Anda (halitosis) dan belajar teknik yang tepat untuk membersihkan gigi dapat mengurangi masalah bau mulut dan menjadikannya lebih segar.

Berikut ini beberapa sumber penyebab bau mulut tak sedap :

Penyebab Bau Mulut I : Makanan
Ada 2 penyebab mengapa makanan yang Anda konsumsi menjadi sumber bau mulut. Yang pertama adanya sisa aroma dari makanan dengan aroma yang kuat seperti bawang putih, petai, jengkol, jamur shitake, durian dan ikan (bau amis). Yang kedua adalah pemecahan partikel makanan di dalam dan sekitar gigi dapat menyebabkan pembusukan di dalam mulut. Proses pembusukan inilah biang keladi bau mulut tidak sedap. Untuk mengatasi hal ini langkah pencegahan yang bisa diambil adalah dengan menghindari makanan yang memiliki aroma cukup kuat. Apabila tidak dapat menghindari, cobalah untuk menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan tersebut.



Penyebab Bau Mulut II : Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol ternyata dapat menyebabkan masalah pada bau mulut. kedua hal tersebut selain meninggalkan noda pada gigi ternyata juga dapat berkontribusi terhadap penyakit gusi. Penyakit gusi ini disebabkan oleh penumpukan plak di mulut, seperti bakteri dalam mulut. Bakteri ini melepaskan toxic yang merupakan salah satu sumber bau mulut yang tidak sedap.

Penyebab Bau Mulut III : Masalah Gigi

Kurangnya kebersihan gigi yang tepat seperti menyikat gigi dan membersihkan lidah ternyata berkontribusi pada bau mulut yang tidak sedap. Ketika kebersihan gigi kurang diperhatikan, berbagai masalah seperti plak dan gigi berlubang akan muncul. Adanya plak dan gigi berlubang biasanya disebabkan karena adanya bakteri yang bersarang di mulut. Bakteri inilah penyebab munculnya bau yang menyengat. Menyikat gigi dan lidah setelah makan minimal 2 kali sehari bisa membantu mengurangi bau mulut yang tidak sedap.

Penyebab Bau Mulut IV : Mulut Kering dan Masalah Kesehatan Lainnya


Kondisi medis yang dikenal sebagai mulut kering atau xerostomia adalah salah satu penyebab utama bau mulut yang tidak sedap. Jika mulut tidak memiliki air liur yang cukup untuk tetap lembab dan membersihkan sel-sel mati dan plak, sel-sel akan membusuk dan menyebabkan masalah pada bau mulut. Selain itu, penderita pneumonia, infeksi sinus kronis, diabetes, dan hepatitis atau masalah ginjal biasanya juga memiliki bau mulut yang tidak sedap.


Referensi : Ehow