Masalah Sakit Gigi saat Hamil

Sakit Gigi saat Hamil
Masa hamil tentunya menjadi masa-masa yang paling mendebarkan sekaligus menggembirakan bagi seorang wanita, namun kebahagiaan ini datang dengan segala resiko yang harus dihadapi si calon ibu.Masalah kesehatan menjadi perhatian utama agar si ibu dan si calon bayi tetap sehat, salah satunya adalah masalah kesehatan gigi.Perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan membuat wanita hamil menjadi lebih rentan mengalami masalah sakit gigi dan gusi.

Wanita hamil, terutama pada masa trimester pertama cenderung lebih malas untuk melakukan banyak aktivitas, salah satunya merawat kesehatan gigi dan mulut.Umumnya terjadi pada saat trimester pertama saat ibu hamil mengalami mual dan muntah (morning sickness), inilah yang akhirnya membuat ibu hamil malas untuk merawat kesehatan gigi dan mulut.  Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan berasa asam dan manis membuat masalah gigi lebih mudah untuk muncul.  Masalah gigi yang sering muncul adalah sakit gigi saat hamil karena gigi berlubang.


Masalah sakit gigi saat hamil karena gigi berlubang bisa berakibat cukup fatal bagi janin yang sedang dikandung si ibu hamil.Sebuah penelitian yang digelar di Center of Oral and Systemic Diseases, University οf North Carolina menyimpulkan data bahwa akibat yang ditimbulkan karena sakit gigi ternyata memiliki resiko yang fatal. Bahkan disinyalir resikonya sama seperti dampak yang ditimbulkan saat ibu hamil mengkonsumsi rokok dan alkohol. Salah satu resiko paling fatal adalah terjadinya keguguran. Hal tersebut tidak terlepas dari penyebaran bakteri Streptococcus Mutans (salah satu penyebab terjadinya gigi berlubang), ke seluruh bagian tubuh melalui sirkulasi darah. Pada tingkat lanjut, bakteri ini dapat menyebar hingga ke jantung. Jika sudah mencapai jantung, gangguan jantung pada ibu hamil sangat mungkin sekali untuk terjadi. Untuk masalah gigi yang lebih serius mengakibatkan produksi prostaglandinakan meningkat dan menimbulkan kontraksi pada rahim yang meningkatkan resiko keguguran, terutama selama kehamilan trimester pertama.

Masalah sakit gigi saat hamil lainnya adalah masalah radang gusi.Radang gusi terjadi pada hampir 50 % ibu hamil.Radang gusi membuat gusi menjadi merah, bengkak, dan berdarah.Radang gusi disebabkan oleh bakteri yang ada diantara gigi dan gusi.Sisa makanan yang terselip diantara gigi dan gusi mengundang bakteri yang menimbulkan peradangan.Resiko peradangan gusi meningkat pada ibu hamil karena adanya peningkatan hormon progesteron dan estrogen yang meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh khususnya gusi.

Lalu apa solusi untuk menghilangkan atau mengurangi sakit gigi saat hamil?  Hal yang paling mudah adalah dengan merawat dan menjaga kesehatan gigi.  Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi saat kehamilan :
  1. Gunakan pasta gigi dengan rasa mint atau yang dapat membuat mulut Anda terasa segar agar tidak merasa mual.
  2. Berkumurlah dengan segera setelah muntah, agar tak ada sisa asam lambung dari perut yang tertinggal dimulut.  Bisa gunakan obat kumur atau bisa juga dengan air hangat.
  3. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip diantara geligi.
  4. Kurangi makanan yang terlalu asam dan manis.
  5. Selalu konsumsi makanan sehat, terutama yang mengandung kalsium, vitamin B 12 dan vitamin C, karena kandungan ini baik untuk kesehatan gigi dan gusi.
  6. Jika terlanjur merasakan sakit, konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan dan spesialis gigi.
Semoga penjelasan diatas bermanfaat, khususnya bagi ibu hamil yang memiliki masalah sakit gigi saat hamil.Dan bagi ibu hamil lainnya semoga artikel ini dapat mengingatkan dan menyadarkan untuk senantiasa menjaga dan merawat kesehatan tubuh termasuk kesehatan gigi dan mulut.