Cara Cepat Menghilangkan Sariawan

Cara Cepat Menghilangkan Sariawan
Cara Cepat Menghilangkan Sariawan - Sariawan memang bukan merupakan penyakit yang berbahaya dan mengancam jiwa, namun apabila tidak segera diatasi sariawan bisa sangat mengganggu karena menimbulkan rasa sakit yang luar biasa terutama ketika sedang makan. Sariawan pada dasarnya adalah peradangan yang terjadi di rongga mulut yang dapat disebabkan oleh stres, luka pada dinding mulut, kurangnya asupan gizi, atau sedang menstruasi.

Munculnya sariawan tidak perlu sangat dikhawatir dan biasanya akan hilang dengan sendirinya antara satu sampai dua minggu. Namun jika Anda ingin segera menghilangkan sariawan secara cepat, tips berikut ini mungkin bisa membantu :


  1. Sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang memiliki rasa asam atau pedas secara berlebih. Makanan dengan rasa asam atau pedas dapat menyebabkan iritasi jaringan mulut. Salah satu kunci agar cepat menghilankan sariawan adalah sebisa mungkin menghindari gangguan jaringan mulut terutama di dekat bagian yang sakit.
  2. Bilas mulut Anda dengan lembut menggunakan air hangat yang telah diberi sedikit garam secara rutin tiga kali sehari. Atau, cobalah hidrogen peroksida yang telah diencerkan. Berkumurlah dengan larutan tersebut dan upayakan menjangkau hingga ke tempat munculnya sariawan. Garam yang digunakan tersebut berfungsi untuk menarik cairan dari dalam luka sehingga membantu penyembuhan.
  3. Mengkonsumsu multivitamin. Studi menunjukkan bahwa sariawan lebih mudah muncul pada orang yang kekurangan Vitamin ,. Vitamin C, zat besi dan asam folat. Cukupi kebutuhan nutrisi Anda dan sariawan akan hilang secara cepat.
  4. Cobalah untuk mengkonsumsu yogurt. Yogurt membantu menyeimbangkan bakteri di mulut dan tubuh sehingga dapat mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Sebelum mengkonsumsi, pastikan yoghurt mengandung bakteri acidophilus.
  5. Jika Anda memiliki teh hitam celup, bahan ini juga dapat membantu menghilangkan sariawan dengan cepat. letakkan kantong teh celup pada tempat yang sakit dan biarkan teh tersebut basah dengan air ludah. Cara ini biasanya digunakan untuk meredakan rasa sakit yang berlebih akibat sariwan.
  6. Jika belum juga sembuh, Anda bisa menggunakan baking soda. Cairkan baking soda dengan sedikit air untuk dijadikan pasta. Oleskan ke permukaan luka untuk membunuh bakteri dan mengurangi rasa sakit.
Enam hal di atas merupakan cara cepat menghilangkan sariawan yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Jika sariawan masih terus muncul selama lebih dari dua atau tiga minggu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter karena kemungkinan ada pemicu lain yang lebih serius. Dan terakhir, pastikan Anda menjaga asupan nutrisi harian Anda karena mencegah timbulnya penyakit lebih baik daripada mengobati.