Makanan untuk Mencegah Bau Mulut

Makanan untuk Mencegah Bau Mulut
Salah satu sumber penyebab bau mulut yang tidak sedap adalah makanan. Namun, selain menjadi penyebab bau mulut, ada beberapa jenis makanan yang ternyata dapat mencegah bau mulut yang tidak sedap. Berikut ini beberapa jenis makanan yang mampu mencegah bau mulut :

1. Rempah - Rempah

Untuk mengurangi bau mulut yang tidak sedap, kunyah daun ketumbar, taragon, eucaliptus. Jika ingin lebih praktis, daun rempah tersebut dapat Anda buat sebagai minuman. Khasiat dari tanaman tersebut selain baik untuk pencuci mulut juga baik untuk pencernaan.


2. Yogurt

Jika Anda ingin bebas dari bau mulut, biasakanlah untuk mengkonsumsi yogurt. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi yogurt setiap hari dapat mengurangi kadar bau mulut yang tidak sedap. Yogurt mengandung kadar organisme mikroskopis dan hidrogensulfida yang dapat mengurangi bakteri di mulut, sehingga dapat mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi.

Yogurt membuat bakteri tidak dapat tumbuh. Tapi ingat pilih yogurt yang natural, jangan yang sudah dibubuhi gula atau yang telah mengalami proses lebih lanjut.

3. Sayur dan Buah Renyah

Buah dan sayuran yang renyah seperti wortel, apel, seledri diyakini dapat menambah produksi air liur sehingga menjadikan mulut tetap basah. Tetapi setelah mengkonsumsi makanan ini Anda harus tetap menggosok gigi untuk mengeluarkan sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi

4. Permen

Mengunyah permen yang memiliki kandungan gula memang membantu nafas anda tetap segar karena dapat menambah produksi air liur untuk membersihkan bakteri dan penyakit. Namun perlu disadari bahwa konsumsi permen tetap tidak dapat menggantikan fungsi menggosok gigi terutama setelah makan. Permen hanya berfungsi sebagai penyegar nafas untuk waktu yang relatif pendek. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi permen dengan aroma mint untuk menambah kesegaran mulut.


5. Vitamin C Dosis Tinggi

Konsumsi Vitamin C dalam dosis yang tepat mampu menghambat pertumbuhan bakter dalam tubuh. Vitamin C juga berfungsi untuk mencegah penyakit radang gusi. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab munculnya bau mulut yang kurang sedap. Vitamin C banyak ditemui di buah-buahan seperti jeruk, tomat dan jambu biji.

6. Klorofil

Biasanya klorofil dikonsumsi dalam bentuk cair atau kapsul. Klorofil atau zat hijau daun terbukti dapat menyebabkan nafas segar dan mulut yang lebih bersih. Jika tidak memiliki klorofil cair atau kapsul, Anda dapat mengunyah beberapa helai daun kemangi atau seledri.

Ternyata ada banyak sekali makanan yang bermanfaat untuk mencegah bau mulut. Kontol asupan makanan Anda dan bau mulut pun akan menghilang.