Mengenal Penyebab Sariawan

penyebab sariawan
Mengenal Penyebab Sariawan - Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya sariawan atau yang dalam ilmu kedokteran disebut sebagai stomatitis aftosa. Memang sariawan bukanlah penyakit tergolong berat karena akan sembuh dengan sendirinya setelah kurang lebih satu minggu. Meskipun demikian, keberadaan sariawan cukup mengganggu terutama saat makan.

Sebenarnya apa sih sariawan itu?

Sariawan merupakan suatu kelainan berupa luka atau peradangan yang terjadi pada lapisan lendir di mulut yang disebabkan karena hal-hal tertentu. Sariawan bisa timbul pada lidah, gusi, pipi, atau langit-langit mulut. Umumnya berbentuk bundar berwarna putih hingga kekunging-kungingan dan munculnya sering kali disertai dengan rasa sakit yang cukup menyiksa.

Penyebab Sariawan

Barangkali Anda sering sekali mengalami sariawan namun tidak mengerti kenapa sariawan sering kali muncul. Berikut ini 4 (empat) penyebab sariawan yang paling sering ditemui :


  • Adanya Jamur dan Bakteri Penyebab Sariawan

Bakteri penyebab sariawan sangat mudah masuk melalui makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi. Jika kita tidak sering membersihkan rongga mulut secara teratur bakteri akan mudah berkembang biak di dalam mulut. Biasanya bakteri akan menempel di rongga mulut, kemudian akan menyebabkan peradangan.

Cara mengatasinya : Sikat gigi secara teratur, bersihkan lidah dan gunakan obat kumur untuk membunuh kuman jahat dalam mulut. Apabila keadaan sudah sangat parah biasanya oleh dokter gigi akan diberikan antibiotik dosis tinggi (harus dikonsultasikan dengan dokter).

  • Imunitas Tubuh yang Terganggu
Biasanya ketika seseorang lambungnya panas, akan muncul sariawan di lapisan lendir mulut yang disertai dengan nafas panas dan berbau tidak sedap. Seringkali dijumpai pula gejala tenggorokan terasa kering. Kebanyakan orang awam menyebut kondisi ini panas dalam.

  • Kurangnya Asupan Nutrisi
Kurangnya asupan nutrisi berupa Vitamin C, Vitamin B12, dan zat besi juga memacu timbulnya sariawan. Biasanya gejalanya tidak hanya sariawan, namun disertai juga dengan bibir pecah-pecah atau gusi yang mudah berdarah. Cegah timbulnya sariawan dengan melengkapi asupan nutrisi sehari-hari.

  • Penyebab Eksternal Lainnya

Ada beberapa penyebab dari luar tubuh yang juga bertanggung jawab atas munculnya sariawan. Beberapa penyebab sariawan yang paling umum adalah luka yang ditimbulkan akibat tergigit, pemasangan gigi palsu atau kawat gigi. Selain itu kondisi psikologi seseorang seperti stress juga bisa memperngaruhi timbulnya sariawan.

Peringatan tentang Sariawan

Sariawan memang penyakit yang cukup mudah untuk disembuhkan. Dengan mengetahui dengan pasti apa penyebab sariawan, biasanya dalam waktu kurang dari satu minggu sariawan akan hilang. Namun pada beberapa kasus terutama menyangkut infeksi bakteri yang sudah parah, biasanya pengobatannya harus diberikan antibiotik dosis tinggi. Selalu konsultasikan dengan dokter atau pekerja medis profesional ketika berurusan dengan antibiotik.
 Jika Anda mengalami sariawan lebih dari satu kali secara berturut-turut di tempat yang sama dan sembuh dalam waktu lebih dari 2 (dua) minggu sampai satu, Anda patut untuk khawatir sebab kondisi tersebut dapat dijadikan indikasi adanya kangker rongga mulut. Segera konsultasikan dengan dokter Anda!

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Seriawan