Cara Memilih Sikat Gigi yang Tepat

sikat gigi
Selain menggosok gigi dengan benar, satu hal yang harus menjadi perhatian Anda adalah memilih sikat gigi yang tepat. Jangan sampai kurang cermat dalam memilih sikat gigi karena jika hal itu terjadi rutinitas menggosok gigi Anda akan menjadi sia-sia. Sia-sia karena gigi Anda tidak akan bersih.

Dalam memilih sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menggunakan beberapa pedoman ini :
  1. Sangat disarankan untuk memilih sikat gigi dengan bulu yang halus. Jika bulu sikat terlalu kasar bisa merusak lapisan gusi. Rusaknya lapisan gusi bisa membuat gigi lebih sensitif terhadap makanan atau minuman yang dingin atau panas.
  2. Bila ingin membeli sikat gigi yang dilengkapi dengan penutup sikat, sebaiknya Anda memilih yang penutupnya dilengkapi dengan ventilasi udara. Jika tidak, sikat gigi akan ditumbuhi bakteri karena lembab.
  3. Sesuaikan ukuran sikat gigi dengan  rongga mulut agar Anda bisa menggosok bagian yang sulit terjangkau.
  4. Sebaiknya pilih sikat gigi yang pegangannya cukup lebar agar Anda lebih nyaman saat menggenggamnya.
  5. Pilih kepala sikat yang berbentuk oval karena bisa melindungi gusi dari kemungkinan terluka.
  6. Jika ingin membeli sikat gigi electric, ketahuilah bahwa kelebihan sikat ini hanyalah mampu menggosok lebih cepat. Lebih baik gunakan sikat gigi konvensional saja, kecuali Anda butuh menggosok gigi dengan cepat.
  7. Sebaiknya Anda mengganti sikat gigi yang digunakan setidaknya tiga bulan sekali atau ketika bulunya terasa sudah tidak nyaman. Memaksakan diri untuk menggunakan sikat yang bulunya sudah tidak nyaman dapat melukai gusi dan menyebabkan infeksi.
Tujuh tips tersebut dapat Anda gunakan ketika hendak membeli sikat gigi. Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kita tidak cermat dalam memilih, bukannya kesehatan mulut yang didapat melainkan akan mendatangkan beragam penyakit.