Cara Mengobati Gusi Bengkak

Cara Mengobati Gusi Bengkak
Gusi bengkak adalah salah satu penyakit mulut yang paling sering diderita oleh kebanyakan orang. Pembengkakan yang menyebabkan rasa sakit pada gusi ini secara ilmiah dinamakan Gingivitis. Gejala umum yang sering kali terjadi adalah gusi berwarna kemerahan, bengkak atau tampak lebih gemuk dan tampak mengkilat, dan juga mudah berdarah di sekitar permukaan gigi yang berbatasan dengan gusi. Pada umumnya penyebab gusi bengkak sebagian besar disebabkan adanya bakteri pada plak yang menginfeksi jaringan gigi, sehingga menyebabkan infeksi pada gigi dan membuat gusi bengkak. Bakteri ini juga bisa membuat gigi menjadi goyang dan bahkan hingga terlepas.

Jika Anda sering mengalami gusi bengkak, Anda tidak perlu merasa khawatir. Pada artikel berikut ini akan kami sampaikan beberapa cara mengobati gusi bengkak secara tradisional yang bisa anda lakukan sendiri di rumah :



Pencegahan Gusi Bengkak 
  • Menyikat Gigi Secara Teratur
Menyikat gigi secara teratur adalah cara paling ampuh untuk menghindari gusi bengkak. Menggosok gigi secara teratur dapat menghilangkan sisa makanan serta bakteri penyebab infeksi yang berada dalam mulut. Gosoklah gigi minimal 2 kali sehari, serta hindari menggunakan sikat gigi yang kasar, yang malah membuat gusi anda berdarah dan membengkak.
  • Banyak Minum Air Putih
Ketika gusi bengkak, biasanya air liur yang diproduksi mulut akan sangat berkurang. Untuk mengatasinya, perbanyak minum air putih. Air putih dapat membersihkan mulut dan gusi anda dari beragam bakteri.

Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak
  • Menggunakan Lemon dan Air Hangat
Yang pertama dengan menggunakan lemon dan air hangat. Cara ini terbukti cukup ampuh, mengobati gusi bengkak. Caranya yaitu cukup menggunakan ¼ lemon, lalu peras airnya dan campurkan dengan ½ gelas air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur setidaknya 2 kali sehari.
  • Berkumur dengan Air Garam Hangat
Salah satu cara mengobati gusi bengkak yang juga cukup efektif adalah berkumur dengan air garam hangat. Berkumur dengan air hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit baik di gusi maupun tenggorokan. Bantuan ini hanya dapat mengurangi rasa sakit selama beberapa jam saja, sehingga anda harus berkumur lagi jika gusi kembali sakit.

Tips dan Peringatan :

Langkah pencegahan lebih disarankan untuk mengatasi gusi bengkak. Namun, jika gusi terlanjur sudah bengkak dan beberapa cara di atas tidak berhasil mengobatinya setelah dilakukan beberapa hari, segeralah periksakan ke dokter atau tenaga medis professional lainnya.